Interview Adalah

  • Posted by:
  • Posted on:
  • Category:
    BeritaBerita
  • System:
    Unknown
  • Price:
    USD 0
  • Views:
    11207

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, maka interview adalah salah satu langkah penting dalam proses pencarian kerja. Interview memberikan kesempatan bagi pewawancara untuk mengetahui lebih banyak tentang Anda, keterampilan Anda, dan kepribadian Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu interview, bagaimana mempersiapkan diri untuk interview, dan bagaimana membuat kesan yang baik selama interview.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Apa Itu Interview?

Interview adalah proses interaksi dua arah antara pewawancara dan calon karyawan. Pewawancara mengajukan pertanyaan tentang keterampilan, pengalaman, kepribadian, dan minat kerja calon karyawan. Tujuan dari interview adalah untuk mengevaluasi apakah calon karyawan cocok untuk posisi pekerjaan yang diinginkan.

Jenis-jenis Interview

Ada beberapa jenis interview yang umum dilakukan dalam proses pencarian kerja, antara lain:

1. Interview awal

Interview awal biasanya dilakukan melalui telepon atau video call. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah kandidat memenuhi persyaratan dasar dan apakah kandidat cocok untuk posisi pekerjaan yang diinginkan.

2. Interview individual

Interview individual adalah interview yang dilakukan oleh satu orang pewawancara. Pewawancara akan menanyakan pertanyaan tentang keterampilan, pengalaman, dan minat kerja calon karyawan.

3. Interview panel

Interview panel adalah interview yang dilakukan oleh beberapa orang pewawancara. Setiap pewawancara akan menanyakan pertanyaan yang berbeda kepada calon karyawan.

4. Interview kelompok

Interview kelompok adalah interview yang dilakukan dengan beberapa kandidat dalam waktu yang sama. Tujuannya adalah untuk mengamati cara kandidat berinteraksi dengan orang lain dan bekerja dalam tim.

Mempersiapkan Diri untuk Interview

Mempersiapkan diri dengan baik sebelum interview sangat penting untuk memastikan kesuksesan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mempersiapkan diri sebelum interview:

1. Riset tentang perusahaan

Lakukan riset tentang perusahaan tempat Anda akan interview, seperti produk atau layanan yang ditawarkan, nilai-nilai perusahaan, dan posisi yang akan diisi. Hal ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan dengan lebih baik dan menunjukkan minat Anda dalam perusahaan.

2. Persiapkan pertanyaan yang akan diajukan

Selain mengetahui tentang perusahaan, persiapkan pertanyaan yang akan diajukan kepada pewawancara. Pertanyaan ini dapat menunjukkan minat dan ketertarikan Anda terhadap posisi dan perusahaan.

3. Persiapkan jawaban untuk pertanyaan umum

Ada beberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan dalam interview, seperti tentang pengalaman kerja sebelumnya, keterampilan yang dimiliki, dan kelebihan dan kekurangan Anda. Persiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan ini sebelum interview.

4. Persiapkan diri fisik dan mental

Pastikan Anda beristirahat dengan cukup, makan dengan baik, dan memakai pakaian yang baik.

5. Persiapkan pakaian yang sesuai

Pakaian yang dipakai saat interview dapat mempengaruhi kesan pertama pada pewawancara. Pastikan Anda memilih pakaian yang sesuai dengan perusahaan dan posisi yang akan diisi.

6. Siapkan dokumen penting

Siapkan dokumen-dokumen penting seperti CV, sertifikat, dan dokumen identitas sebelum interview. Pastikan Anda membawa salinan dokumen-dokumen tersebut untuk diserahkan kepada pewawancara jika diminta.

Cara Membuat Kesimpulan yang Baik Selama Interview

Selain mempersiapkan diri dengan baik sebelum interview, membuat kesan yang baik selama interview juga sangat penting. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat kesan yang baik selama interview:

1. Jadilah diri sendiri

Jangan mencoba untuk menjadi orang yang lain selama interview. Jadilah diri sendiri dan tunjukkan kepribadian Anda.

2. Dengarkan pertanyaan dengan baik

Dengarkan pertanyaan dengan baik sebelum menjawab. Jangan ragu untuk meminta penjelasan jika Anda tidak mengerti pertanyaan yang ditanyakan.

3. Berbicara dengan jelas dan to the point

Berbicara dengan jelas dan to the point sangat penting selama interview. Hindari berbicara terlalu panjang lebar atau terlalu singkat.

4. Tunjukkan minat Anda

Tunjukkan minat dan ketertarikan Anda pada perusahaan dan posisi yang akan diisi. Pewawancara akan lebih tertarik pada kandidat yang memiliki minat yang kuat pada perusahaan dan posisi yang ditawarkan.

5. Tanyakan pertanyaan yang tepat

Setelah pewawancara selesai menanyakan pertanyaan, jangan ragu untuk menanyakan pertanyaan yang relevan dan menarik untuk menunjukkan minat Anda pada perusahaan dan posisi yang ditawarkan.

Contoh Pertanyaan Untuk Interview Kerja

Selama interview, pewawancara akan menanyakan berbagai pertanyaan untuk mengetahui lebih jauh tentang latar belakang, pengalaman, dan kemampuan calon karyawan. Berikut adalah contoh pertanyaan yang mungkin ditanyakan selama interview kerja:

  1. Ceritakan tentang diri Anda!
  2. Apa yang membuat Anda tertarik dengan perusahaan kami?
  3. Apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan Anda?
  4. Ceritakan tentang pengalaman kerja Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar!
  5. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?
  6. Bagaimana Anda menyelesaikan masalah di tempat kerja?
  7. Bagaimana Anda mengelola waktu dan prioritas dalam pekerjaan Anda?
  8. Apa yang Anda harapkan dari posisi ini?
  9. Bagaimana Anda bekerja dalam tim?
  10. Apa yang akan Anda lakukan jika terjadi konflik di tempat kerja?

Ingatlah untuk mempersiapkan diri dengan baik dan menjawab pertanyaan dengan jelas dan to the point.

Kesimpulan

Interview adalah salah satu langkah penting dalam proses pencarian kerja. Mempersiapkan diri dengan baik sebelum interview dan membuat kesan yang baik selama interview sangat penting untuk meraih kesuksesan dalam proses pencarian kerja.

FAQs

  1. Apa itu interview?
  • Interview adalah proses interaksi dua arah antara pewawancara dan calon karyawan untuk mengevaluasi apakah calon karyawan cocok untuk posisi pekerjaan yang diinginkan.
  1. Apa saja jenis-jenis interview?
  • Ada beberapa jenis interview, antara lain interview awal, interview individual, interview panel, dan interview kelompok.
  1. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum interview?
  • Beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum interview antara lain riset tentang perusahaan, persiapan pertanyaan dan jawaban, persiapan fisik dan mental, serta persiapan dokumen-dokumen penting.
  1. Apa saja yang perlu dilakukan selama interview untuk membuat kesan yang baik?
  • Beberapa tips untuk membuat kesan yang baik selama interview antara lain jadilah diri sendiri, dengarkan pertanyaan dengan baik, berbicara dengan jelas dan to the point, tunjukkan minat Anda, dan tanyakan pertanyaan yang tepat.
  1. Mengapa membuat kesan yang baik selama interview sangat penting?
  • Membuat kesan yang baik selama interview dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima sebagai karyawan di perusahaan yang diinginkan. Selain itu, kesan yang baik selama interview juga dapat membantu Anda membangun jaringan profesional yang lebih luas.
  1. Apa yang harus dilakukan jika gagal dalam interview?
  • Jangan berkecil hati jika gagal dalam interview. Gunakan pengalaman tersebut sebagai pembelajaran untuk memperbaiki kelemahan dan mempersiapkan diri lebih baik di kesempatan selanjutnya.
  1. Apa yang harus dilakukan setelah interview?
  • Setelah interview, jangan lupa untuk mengirimkan email ucapan terima kasih kepada pewawancara sebagai tanda terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Selain itu, tetaplah sabar menunggu hasil interview dan jangan lupa untuk tetap mencari kesempatan lain dalam proses pencarian kerja.
  1. Apa saja kesalahan yang perlu dihindari selama interview?
  • Beberapa kesalahan yang perlu dihindari selama interview antara lain terlambat datang, mengabaikan etika berpakaian yang baik, menjawab pertanyaan dengan tidak jelas, dan terlalu banyak berbicara atau berbicara terlalu sedikit.
  1. Bagaimana cara menyiapkan jawaban yang baik untuk pertanyaan yang mungkin ditanyakan selama interview?
  • Sebelum interview, lakukan riset tentang perusahaan dan posisi yang akan diisi, persiapkan pertanyaan dan jawaban yang relevan, dan latih diri Anda untuk menjawab pertanyaan dengan jelas dan to the point.
  1. Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi rasa gugup selama interview?
  • Beberapa cara untuk mengatasi rasa gugup selama interview antara lain melakukan latihan napas dan meditasi, melakukan visualisasi positif, dan berbicara dengan teman atau mentor yang bisa memberikan dukungan dan motivasi.
Tagged:
Rating

2.3

( 3 Votes )
Please Rate!
Interview Adalah

No votes so far! Be the first to rate this post.